-->

marquee

Thursday, July 22, 2010

Keutamaan Ilmu

KEUTAMAAN ILMU

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ طَالِبَ الْعِلْمِ يَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانِ فِي الْمَاءِ, وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ, إِنَّ الْعُلَمَاءَ هُمْ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ (ابن ماجه:219).

"Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu maka Alloh akan memudahkan baginya jalan menuju jannah. Dan sesungguhnya para Malaikat akan menaungkan sayap-sayapnya karena ridho terhadap pencari ilmu. Sesungguhnya pencari ilmu akan dimintakan ampun oleh siapa saja yang berada di langit dan di bumi sampai ikan yang di laut (memintakan ampun untuknya). Sesungguhnya keutamaan orang 'alim dibanding dengan ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan purnama dibanding seluruh bintang gemintan. Sesungguhnya para ulama’ adalah pewaris para nabi, dan para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, melainkan mereka hanya mewariskan ilmu, maka siapa yang mengambilnya sesungguhnya ia telah mengambil bagian yang besar (Ibnu Majah:219, dishohihkan Ibnu Mâjah).

مَنْ جَاءَ مَسْجِدِي هَذَا لَمْ يَأْتِهِ إِلَّا لِخَيْرٍ يَتَعَلَّمُهُ أَوْ يُعَلِّمُهُ فَهُوَ بِمَنْزِلَةِ الْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَمَنْ جَاءَ لِغَيْرِ ذَلِكَ فَهُوَ بِمَنْزِلَةِ الرَّجُلِ يَنْظُرُ إِلَى مَتَاعِ غَيْرِهِ

(ابن ماجه:223).

"Barang siapa yang datang ke masjidku ini, ia tidak mendatanginya kecuali untuk kebaikan, baik belajar atau mengajarkan ilmu maka ia berada pada kedudukan seorang mujahid di jalan Alloh, dan barang siapa yang bertujuan selain itu maka ia seperti seorang lelaki yang melihat-lihat dagangan orang lain (tidak mendapatkan faedah apa-apa). (Ibnu Majah dengan sanad hasan dan dishohihkan Ibnu Hibbân).

No comments:

Post a Comment