-->

marquee

Thursday, July 22, 2010

Mutiara Hadist 2

1. “Sesungguhnya di antara yang Saya khawatirkan atas kamu sepeninggalku nanti adalah terbuka lebar kemewahan dan keindahan dunia pada kamu”(HR. Bukhari dan Muslim)

2. “Yang mengikuti mayit itu ada 3, yaitu kaum keluarga, harta kekayaan, dan amal perbuatan; maka kembali yang dua, yaitu keluarga dan harta kekayaan; dan tinggal satu yang tetap yaitu amal perbuatan.”(HR. Bukhari dan Muslim)

3. “Tidaklah pengrusakan dari dua serigala lapar yang dilepas dalam rombongan kambing, melebihi dari pengrusakan sifat tamak kepada harta dan kedudukan terhadap agama seseorang.”(HR. Tirmidzi)

4. “Andaikata saya mempunyai emas sebesar bukit Uhud, niscaya saya lebih senang kalau emas itu tidak lebih dari tiga hari di tangan saya, kecuali jika saya meninggalkan sisa untuk membayar hutang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. “Seseorang datang kepada Nabi dan berkata, “Demi Allah, saya mencintai kamu ya Rasulullah.” Jawab Nabi,”Perhatikan benar perkataanmu itu!” Berkata lagi, “Demi Allah saya mencintai kamu ya Rasulullah.” Diulangi kata-kata itu tiga kali. Maka sabda Nabi, “Kalau benar kamu mencintaiku, maka bersiaplah menghadapi kemiskinan, dengan baju kokoh kuat (dapat menghadapi segala kemungkinan). Karena kemiskinan itu lebih dekat datangnya kepada orang yang cinta kepadaku melebihi kecepatan banjir ke dalam jurang.” (HR. Tirmidzi)

6. “zina mata itu dengan melihat, Zina lidah itu dengan berbicara, zina tangan itu dengan menyentuh, zina telinga itu dengan mendengarkan, zina hati itu dengan mengangan-angan dan menginginkan, sedangkan kemaluan dengan membuktikan semuanya itu atau mendustakannya.” (HR. Muslim)

7. “Ada 7 golongan yang mendapat naungan dari Allah SWT pada hari kiamat kelak, dimana tidak ada naungan sama sekali naungan pada hari itu melainkan naungan dari Allah, yaitu: (1) Imam (penguasa) yang adil, (2) Pemuda yang menjadi dewasa dalam beribadah kepada Allah, (3) Orang yang hatinya selalu tergantung pada masjid, (4) orang yang saling mencintai karena Allah, mereka berkumpul karena Allah, dan berpisah karena Allah, (5) seorang lelaki yang dirayu seorang wanita bangsawan cantik untuk berbuat mesum, lalu dia menolak dengan kata, “Aku takut kepada Allah.” (6) Orang yang bersedekah diam-diam, sehingga tangan kanannya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kirinya, (7) orang yang mengalirkan air matanya ketika berdzikir, mengingat dan menyebut nama Allah dalam keadaansendirian.”(HR. Muslim)

8. “Allah tidak menciptakan makhluk yang lebih mulia daripada akal”(HR Tirmidzi). Setelah Allah menciptakan akal, berfirmanlah Allah:’Datanglah wahai akal’, maka akal pun dating, kemudian diperintahkan pula, ‘pergilah’ maka pergilah ia. Allah berfirman , ‘Aku tidak mnciptakan suatu makhluk yang lebih Aku cintai daripadamu, dengan engkau Aku mengambil dan dengan engkau pula aku memberi.” (HR Abdullah bin Ahmad dan Thabrani)

9."Dua mata yang tidak disentuh api neraka, mata yang menangis karena
takut kepada Allah dan mata yang berjaga-jaga di jalan Allah." (HR.
Tirmidzi)

10. Barangsiapa takut kepada Allah SWT niscaya tidak akan dapat dilihat
kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah, tidak sia-sia apa yang dia
kehendaki. (Umar bin Khattab)



11. Jika Allah mencintai seorang hamba, Dia mengujinya. Jika ia bersabar,
maka Dia memilihnya. Dan jika ia rela, maka Dia mengutamakannya di sisi-Nya.
(Al-Hadits)



12. "Sesungguhnya Allah swt. berfirman pada hari kiamat: "Mana
orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Hari ini akan Aku
naungi (tolong) mereka, dimana tidak ada naungan (pertolongan) yang
lainselain dari-Ku." (HR. Muslim)



13. "Sesungguhnya Rasulullah saw. pernah bersabda kepada para
shahabatnya: Berlindunglah kamu kepada Allah dari azab kubur. Sesungguhnya
azab kubur itu benar-benar (terjadi) " (HR.Thabrani)

No comments:

Post a Comment